Makalah Senam Irama

Posted by Unknown Selasa, 06 Mei 2014 1 komentar
Senam irama
Senam irama menurut perkembangannya ada tiga aliran, yaitu terdiri atas:
  1. Senam irama yang berasal dari seni sandiwara
  2. Senam irama yang berasal dari seni musik
  3. Senam irama yang berasal dari seni tari (balet) 
Prinsip gerakan-gerakan dalam senam irama ditentukan oleh:
1.      Irama
2.      Kelentukan tubuh dalam gerakan (flexibilitas)
3.      Kontinuitas gerakan
 Tekanan  seperti hal-hal tersebut di atas itu lebih banyak dimiliki oleh putri, maka senam irama umumnya dilakukan oleh putri. IramaPada dasarnya irama telah dikenal oleh mahasiswa semasa di Sekolah Menengah Pertama maupun di sekolah Menengah Atas, misalnya irama: 2/3, 3/4, 4/4 dan sebagainya. Kelentukan tubuh dalam gerakan (flexibilitas).Prinsip kelentukan dalam gerakan akan diperoleh berkat latihan yang tekun dan akan makan waktu yang cukup lama. Kontinuitas GerakanKontinuitas gerakan akan diperoleh dari rangkaian gerak-gerak senam yang telah disusun dalam bentuk rangkaian yang siap ditampilkan. Ini membutuhkan latihan yang tekun dan cukup lama. Maka demi terciptanya keserasian dalam gerak irama harus dikuasai secara matang. Sebelum menginjak pada latihan dengan alat seperti pita, bola, gada, tali dan simpai, terlebih dahulu harus mengenal dan menguasai latihan dasar yaitu: macam-maam langkah, ayunan lengan dan sikap tubuh/posisi tubuh di dalam melakukan latihan.
  A.   Macam-Macam Langkah
a.      Langkah biasa (looppas)
b.      Langkah rapat (bijtrekpas)
c.       Langkah kesetimbangan (balanspas)
d.      Langkah depan (galoppas)
e.      Langkah tiga (wallpas)
f.        Langkah silang (kruispas)
g.      Langkah samping (zijpas)
h.     Langkah ganti (wisselpas)
i.        Langkah lingkar (huppelpas)
j.        Langkah pantul (kaatspas)
k.      Langkah silang lingkar (schaatsenrijderpas)
l.        Langkah putar silang (draipas)

 B.    Latihan Tubuh Dengan Sikap Berdiri 
1)      Sikap permulaan tegak langkah kaki kiri kedua lengan di samping badanBilagan “1” langkahkan kaki kiri ke samping kiri kedua lengan lurus ke atas. Bilangan “2” liukkan badan ke samping kanan dengan memindahkan berat badan ke samping kanan dengan memindahkan berat badan ke kiri. Kaki kanan lurus, kaki kiri ditekuk. Bilangan “3”tegak kembali. Bilangan “4” kaki kiri rapat, kedua lengan kembali ke samping badan Irama 4/ 4 atau 2/ 4. 
2)     Sikap permulaan tegak langkah kaki kiri kedua lengan lurus ke depanBilangan “1” putar lengan kanan ke samping kanan badan, langkahkan kaki kanan ke belakang. Bilangan “23” liukkan badan ke samping kiri, lengan kanan di samping atas kepala. Bilangan “3” badan tegakkan, lengan kanan ayunkan kembali ke depan pada bilangan “4”. Irama 4/ 4.
3)     Sikap permulaan tegak anjur kaki kiri kedua lengan ke samping kananBilangan “1” dan “2” putar kedua lengan ke muka badan satu setengah lingkaran berakhir pada bilangan “2” di sebelah kiri dan kaki kanan di angkat lurus ke samping. Bilangan “3” dan “4” putar kembali kea rah kebalikan. Irama 4/ 4.
4)     Sikap permulaan tegak langkah kaki kiri kedua lengan dengan meluruskan ke depanBilangan “1” ayun lengan ke belakang. Bilangan “2” ayun kembali ke depan. Bilangan “3” dan “4” putar kedua lengan melalui bawah di samping badan. Bilangan “5”,”6”,”7”,”8”, latihan yang sama dengan arah kebalikan . ingat, lutut selalu mengeper.5.         Sikap permulaan anjur kaki kiri, ke samping kiri kedua lengan rentangkan.Bilangan “1” ayun kedua lengan silang dimuka badan. Bilangan “2” ayun lengan kembali. Bilangan “3” ayun kedua lengan silang ke belakang badan. Bilangan “4” ayun lengan kembali. Ingat pindahkan berat badan. Bilangan “5”,”6” ulang “1”,”2” bilangan “1”,”2” bilangan “7”,”8” ulang”3”,”4”.6.         Sikap permulaan anjur kiri ke samping kiri kedua lengan rentangkan kesampingBilangan “1” ayun kedua lengan silang dimuka badan. Bilangan “2” ayun kembali. Bilangan “3” dan “4”, putar kedua lengan silang dimuka badan. Bilangan “5” ayun kedua lengan kesamping. Bilangan “6”ayun kembali bilangan “7” dan “8” putar kedua lengan keluar (ke samping). Ingat pindahkan berat badan. Irama 4/4 dan ¾.7.         Sikap permulaan tegak langkah kaki kiri, kedua lengan dimuka dadaBilangan “1” langkahkan kaki kiri silang ke kanan kedua lengan terlentang pandangan ke tangan kiri. Bilangan “2” kembali kesikap semula. Bilangan “3” langkahkan kaki kanan. Bilangan “4” kembali kesikap semula. Ingat: langkahkan kaki dengan dengan ujung kaki dulu dan mengeper. Irama 4/4. Dapat juga 2/4.8.         Sikap permulaan tegak langkah kaki kiri, kedua lengan disamping badanBilangan “1” langkahkan kaki kiri ke depan, ayun kedua lengan lurus ke atas. Bilangan “2” pindahkan berat badan ke belakang, sambil membungkukkan badan ke muka, ujung tangan ke ujung kaki, pandangan keperut. Bilangan “3” tegak kembali. Bilangan “4” kaki kiri rapatkan dan kedua lengan bersikap kembali kesikap semula. Bilangan “5”,”6”,”7”,”8”, latihan yang sama ganti kaki. Ingat: waktu melangkah loncatan ke depan. Irama 4/4 atau 2/4 – 3/4. Disini ditampilkan sebuah rangkaian yang pendek  dan sederhana1.      Mulai dengan sebuah sikap awal, lalu ke posisi berlutut, dilanjutkan dengan berguling pada perut kemudian duduk sambil berputar.2.      Bangun, berdiri lakukan putaran badan setengah lingkaran dan lakukan lari dua langkah ke depan lakukan dengan split laeps.3.      Langkah ke depan dan tiga kali putaran badan ayunan satu tungkai ke belakang dilanjutkan membuat sikap setimbang.4.      Langkah ke depan lanjutkan badan merunduk (body wave) lalu lentingkan ke belakang.5.      Lakukan dua langkah lari dengan waltz steps dan cat leap ke depan.6.      Langkah ke depan dan lakukan arabesque hop lalu kaki ayunkan ke depan.7.      Melangkah ke depan, langkahkan kaki bersama-sama (kedua kaki rapat) dan lakukan sebuah loncatan “rasa” dari tolakkan kedua kaki dengan mendarat satu kaki.8.      Badan berputar kemudian badan dilentingkan ke belakang.9.      Melangkah ke depan, dan melangkah lagi lakukan doublepirouette.   
C.   Senam Irama Dengan Alat

 Sesuai dengan laju dan perkembangan cabang-cabang olahraga, begitu pula dengan cabang olahraga senam irama, dulu disebut Rhytmic Gymnastics (senam irama) pada masa sekarang disebut modern Rhytmic Gymnastics.Pada senam irama modern ini selain mempertandingkan rangkaian Senam Irama Modern tanpa alat tangan, alat lima alat yang dipertandingkan baik secara perorangan maupun secara beregu. Alat tersebut terdiri atas: bola (balls), tali (ropes), simpai (hoops), pita (ribbons) dan gada (clubs).Kelima permainan itu boleh dimainkan secara perorangan dan boleh secara beregu. 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Salam Olahraga,
Artiikelnya sangat menarik dan bermanfaat,,
dan bisa ngasih info mengenai tempat penjualan pakaian olahraga khususnya di daerah Surabaya?
Thanks
Salam Sukses

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman